Wakapolres Tulungagung, menghadiri acara pembukaan Taklimat Awal Audit Kinerja Ta - Liputan Tulungagung
News Update
Loading...

Minggu, 05 Maret 2023

Wakapolres Tulungagung, menghadiri acara pembukaan Taklimat Awal Audit Kinerja Ta

 




TULUNGAGUNG – Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto SIK MH yang diwakili oleh Waka polres Tulungagung KOMPOL Dodik tri hendro Siswoyo SH Sik Mik menghadiri acara pembukaan audit kinerja tahap 1 tahun 2023 via zoom bertempat di ruang SS polres Tulungagung.


Kegiatan pembukaan taklimat awal audit kinerja tahap 1 tahun 2023 dilaksanakan pada hari Senin tanggal 6 Maret 2023. Berlangsung diruang Sanika Satyawada polres Tulungagung 


Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, MH yang menghadiri sekaligus membuka pelaksanaan taklimat awal audit kinerja tahap I Itwasda Polda Jatim tahun 2023 pada aspek perencanaan dan pengorganisasian di aula semeru Polda Jatim. 6/3/2023


Kapolda jatim mengatakan bahwa Audit kinerja merupakan program prioritas Kapolri ke-15 yaitu penguatan fungsi pengawasan.


Ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program dan anggaran pada bidang operasional dan pembinaan mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam rangka tata kelola yang baik dan pemerintahan yang bersih.



Hal ini sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengadilan Intern Pemerintah (SPIP) serta Perpol Nomor 1 tahun 2021 tentang audit kinerja dan audit dengan tujuan tertentu dilingkungan Polri.


“diharapkan audit kinerja ini dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola terselenggaranya tugas kepolisian serta dapat memberikan keyakinan dalam pencapaian tujuan Polri,” tambahnya.


Jenderal Bintang Dua ini juga mengharapkan dengan dilaksanakannya audit kinerja Itwasda Polda Jatim kiranya aparat pengawasan intern pemerintah atau APIP mampu meminimalisir penyimpangan sedini mungkin, memberikan koreksi, konsultasi dan saran perbaikan yang mampu diimplementasikan serta mampu mendorong terwujudnya peningkatan tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (PRESISI).


“saya berharap kepada Irwasda bersama jajaran selaku APIP dilingkungan Polda Jatim agar tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip auditing, serta kode etik auditor demi kemajuan organisasi dan keberhasilan kita bersama,” ujarnya.


Kapolda juga berharap kepada Satker untuk terbuka memberikan data, dokumen dan informasi yang diminta tim audit, agar diketahui kekurangan dan permasalahan yang ada dimasing-masing satker guna mencari solusi dan perbaikan untuk kemajuan kesatuan Polda Jatim yang kita cintai ini, serta tidak ada temuan serupa dan berulang.


Kapolda Jatim Irjen pol Drs Toni Hermanto berharap pula apa yang menjadi temuan wasrik terdahulu, agar kiranya Kasatker menindaklanjutinya, mengkomunikasikan dan mengkonsultasikan apa yang menjadi permasalahan dan bagaimana cara memperbaikinya, agar ditanyakan sehingga nanti tahap II aspek pelaksanaan dan pengendalian, itu menjadi lebih baik lagi.


“saya yakin dengan kerja sama ini, maka akan menghasilkan tujuan organisasi yang diharapkan yaitu organisasi yang bersih dan bebas dari KKN serta menjadikan kita sebagai aparat hukum yang profesional bidang tugasnya,”.


Sementara itu Waka polres Tulungagung KOMPOL Dodik Tri Hendro Siswoyo SH Sik Mik, memberikan arahan kepada peserta zoom meeting agar seluruh Bag, Sat, Sie dan Polsek jajaran mempersiapkan administrasinya, guna menyambut Tim Wasrik Itwasda Polda Jatim tahap I tahun 2023.


Jangan ada temuan kesalahan berulang, koordinasikan dan rencanakan sebaik baiknya atar fungsi sehingga kita benar benar siap untuk menerima tim Wasrik. (Ans71 Restu)

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done