Gotong Royong, Polisi Bersama TNI dan Warga Bersihkan Lumpur Pasca Longsor di Bawean - Liputan Tulungagung
News Update
Loading...

Kamis, 02 Maret 2023

Gotong Royong, Polisi Bersama TNI dan Warga Bersihkan Lumpur Pasca Longsor di Bawean

 



Gresik - Polsek Sangkapura Polres Gresik bergerak cepat gotong royong membersihkan lumpur dampak longsor di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. 


Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom melalui Kapolsek Sangkapura AKP Sujai mengatakan,pada hari Kamis Tgl 2 Maret 2023, sekira pukul  01.30 Wib ada tujuh Desa terdampak banjir bandang dari luapan Sungai Gunung.


Dikarenakan hujan sangat deras dan sungai tidak dapat menampung debit air yang turun dan mengakibatkan luapan yang menggenangi sampai rumah pemukiman warga di Desa Sawahmulya, Desa Kotakusuma,  Desa Patarselamat,  Desa Lebak, Desa Bululanjang,  Desa Sidogedungbatu Desa Daun  


"Kami TNI-Polri gotong royong membersihkan puing-puing, lumpur dampak banjir bandang," tegasnya.


Sebagai informasi, hujan dengan kapasitas hujan deras di wilayah pulau Bawean khususnya di Kecamatan Sangkapura Kab. Gresik. 


Hujan berkapasitas hujan lebat sudah terjadi beberapa hari kebelakang. Namun pada hari Kamis Tgl 2 Maret 2023 Pkl 23.00 wib terjadi hujan lebat di sebagian wilayah Kecamatan Sangakpura.


Hujan berkapasitas  lebat terjadi di daerah pegunungan dan pemukiman sehingga debit air semakin besar dan sungai-sungai daerah Gunung tidak bisa menampung banyaknya debit air sehingga luapan air sungai dari gunung meluap dan selanjutnya melaju ke pemukiman dan pada Pkl 01.30 Wib.


"Terjadi luapan sungai gunung yang mengakibatkan air gnung meluap di Desa yang terpantau ada beberapa Desa dan perkiraan kurang lebih 3 Jam dari luapan Sungai Gunung Air yang meluap di Desa Sudah mulai surut menuju ke laut," tegasnya. (Ans71 Restu)

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done