Paska Pemilu, Abah Imam: 7 Langkah yang Wajib Diperhatikan - Liputan Tulungagung
News Update
Loading...

Rabu, 14 Februari 2024

Paska Pemilu, Abah Imam: 7 Langkah yang Wajib Diperhatikan

Semua wilayah di Indonesia para petugas telah bekerja sejak dua hari hingga hari pencoblosan, untuk mempersiapkan tempat pemungutan suara (TPS). Seluruh pemangku kepentingan termasuk Linmas menjaga TPS secara bergiliran untuk yang menjaga TPS sudah siap.

Seorang tokoh agama di Kabupaten Tulungagung, KH. Imam Mawardi Ridlwan, mendoakan, semoga semua dalam kondisi dalam perlindungan Allah SWT, dan aman dan damai pada hari pencoblosan Pemilu Damai 2024.

KH. Imam Mawardi Ridlwan juga menyampaikan, bahwa tugas utama rakyat adalah memilih pemimpin yang benar, adil, amanah dan kuat. Selepas memilih tetap menjaga suara dengan memasrahkan para saksi dan petugas KPPS.

“Tadi kita dengan mengucapkan basmalah melakukan pemungutan suara. Pemimpin nasional yang terbaik yang telah kita pilih. Usai sudah tugas kita sebagai warga negara yang baik. Semua lapisan masyarakat saatnya menjaga lingkungan masing-masing agar tetap kondusif,” papar Abah Imam panggilan akrabnya.

Ulama yang juga sebagai Sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Timur juga menjelaskan, demokrasi Pancasila selalu menghasilkan kedamaian. Ada tujuh tips damai paska pemungutan suara, diantaranya:

1. Warga negara tetap percaya ada petugas dan APH yang mendapatkan amanah menjaga pemilu Luber dan Jurdil.

2. Apabila ada pihak-pihak membuat keributan saat pemungutan atau paska pemungutan sebaiknya langsung dilaporkan petugas atau APH.

3. Jika ada perselisihan dan ketidaksamaan data, pandangan dan pendapat sebaiknya mendahulukan tabayyun dan musyawarah. Jika ada yang main hakim sendiri maka wajib dilaporkan pada APH.

4. Cermati lingkungan sekitar, sebaiknya tidak ada provokator masuk dan membuat keributan. Apabila ada kader tertentu berpotensi membuat keributan, maka tidak perlu terpengaruh dan ikut. Namun langsung disampaikan pada Aparat Penegak Hukum (APH).

5. Semua hasil penghitungan suara ada perkiraan yang belum tentu valid. Hasil hitungan yang valid adalah hitungan manual yang akan ditetapkan oleh KPU.

6. Semua warga kembali guyub rukun. Sudah tidak ada lagi kubu paslon pilpres. Yang ada semua anak bangsa.

7. Tawakkal hasil pemungutan suara ada takdir Allah SWT, dan menerima dengan legowo hasil Pemilu.

Menurutnya, peran serta masyarakat mewujudkan Pemilu damai berarti rakyat mewujudkan kedaulatan bangsa dan negara. Abah Imam juga mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan doa bagi pemimpin yang terpilih.

“Mari bersama untuk mohon perlindungan pada Allah SWT siapapun yang terpilih adalah pemimpin Indonesia pilihan rakyat. Dan yang terpilih adalah yang terbaik, Semoga diridhoi Allah Ta’ala,”pungkasnya.(JK/Red

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done