Kapolres Tulungagung, menghadiri acara Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum polri Tahap II Tahun 2023 Via zoom bertempat diruang SAR Polres Tulungagung - Liputan Tulungagung
News Update
Loading...

Selasa, 06 Juni 2023

Kapolres Tulungagung, menghadiri acara Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum polri Tahap II Tahun 2023 Via zoom bertempat diruang SAR Polres Tulungagung

 




TULUNGAGUNG – Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto SIK MH  menghadiri acara taklimat awal audit kinerja Itwasum Polri tahap II tahun 2023 via zoom bertempat di ruang SAR Polres Tulungagung.


Kegiatan pembukaan taklimat awal audit kinerja Itwasum Polri tahap II tahun 2023 secara resmi oleh Irwasum polri  dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 7 Juni 2023. Berlangsung diruang SAR Polres Tulungagung 


Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Dr. Toni Harmanto, MH yang menghadiri sekaligus  taklimat awal audit kinerja Itwasum Polri tahap II  tahun 2023 pada aspek perencanaan dan pengorganisasian di aula semeru Polda Jatim.



Kapolda jatim mengatakan bahwa Audit kinerja merupakan program prioritas Kapolri ke-15 yaitu penguatan fungsi pengawasan.


Ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program dan anggaran pada bidang operasional dan pembinaan mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam rangka tata kelola yang baik dan pemerintahan yang bersih.


Hal ini sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengadilan Intern Pemerintah (SPIP) serta Perpol Nomor 1 tahun 2021 tentang audit kinerja dan audit dengan tujuan tertentu dilingkungan Polri.



“diharapkan audit kinerja ini dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola terselenggaranya tugas kepolisian serta dapat memberikan keyakinan dalam pencapaian tujuan Polri,” tambahnya.


Jenderal Bintang Dua ini juga mengharapkan dengan dilaksanakannya audit kinerja oleh Itwasum Polri di Polda Jatim kiranya dapat memberikan asistensi  dan bimbingan kepada Polres  jajaran dan  mampu meminimalisir penyimpangan sedini mungkin, memberikan koreksi, konsultasi dan saran perbaikan yang mampu diimplementasikan serta mampu mendorong terwujudnya peningkatan tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (PRESISI).


Kapolda juga berharap kepada Satker untuk terbuka memberikan data, dokumen dan informasi yang diminta tim audit, agar diketahui kekurangan dan permasalahan yang ada dimasing-masing satker guna mencari solusi dan perbaikan untuk kemajuan kesatuan Polda Jatim yang kita cintai ini, serta tidak ada temuan serupa dan berulang.


“saya yakin dengan kerja sama ini, maka akan menghasilkan tujuan organisasi yang diharapkan yaitu organisasi yang bersih dan bebas dari KKN serta menjadikan kita sebagai aparat hukum yang profesional bidang tugasnya,”.


Sementara itu Irwasum mabes polri Komjen Pol Drs Ahamd Dhofiri MSi mengatakan ingat Marwah Polri ada di inspektorat dengan fungsi uditornya dan audit ini dilakuka untuk memberikan bimbingan dan pengawasan penggunaan keuangan negara dan sistem operasionalnya


"Untuk mewujudkan God gavermen diperlukan dengan melakukan hal hal yang baik dan dengan cara yang baik pula" pinta Irwasum Polri


Mudah mudahan dengan dilaksanakanya Audit kinerja tahap II oleh Itwasum Polri ini, tidak ada lagi temuan berulang atau penyimpangan dalam pengelola anggaran dilingkungan polri.(Ans71 Restu)

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done