Inovasi kopi Curhat Pak Ndan, Bhabinkamtibmas Desa Rejosari Polres Tulungagung mendapatkan apresiasi dari Kapolda Jatim - Liputan Tulungagung
News Update
Loading...

Jumat, 09 Juni 2023

Inovasi kopi Curhat Pak Ndan, Bhabinkamtibmas Desa Rejosari Polres Tulungagung mendapatkan apresiasi dari Kapolda Jatim

 



 TULUNGAGUNG - Tak tanggung-tanggung, berinovasi dalam mendekatkan tugasnya    dan bersatu dengan masyarakat, sekaligus menjadi teman curhat bagi warga ketika menghadapi kesulitan, sampai menemukan solusi, seorang Bhabinkatibmas Desa Rejosari Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung membuat inovasi Kopi Curhat Pak Ndan.


Seperti yang digagas oleh Bhabinkamtibmas Desa Rejosari, Polsek Gondang, Polres Tulungagung, Aipda Oktafrian Witdiantoro.

 

 Frian selalu memberikan kopi kepada warga saat cangkrukan di wilayah kerjanya. Yakni di Desa Rejosari, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.


 “Inspirasinya bermula karena setiap kali ketemu masyarakat selalu diajak ngobrol sambil ngopi. Lha kalau ngopi kan harus ke warung kopi. Lha ini, akhirnya saya muncul ide agar bisa ngopi dengan warga di mana saja. Bisa di pinggir sawah, di bawah pohon, atau di mana saja tanpa harus ke warung kopi,” ucapnya, Kamis (8/6/2023).


Kondisi ini kemudian membuatnya berfikir kreatif. Selanjutnya Frian memodifikasi kendaraan dinasnya dengan menambahkan satu kotak kayu di bagian belakangnya. Gunanya untuk menaruh peralatan kopi yang siap dipakai di mana saja.


Mulai dari kompor gas portabel, panci, gelas plastik, sendok, snack, kopi sachet dan gula. Bahkan Frian juga membawa alas duduk yang siap digelar di mana saja setiap kali bertemu warga.


“Awalnya itu tahun 2023 awal, tapi belum banyak yang tahu dan masih sederhana alat-alatnya. Akhirnya ada perintah dari pimpinan untuk lebih dibuat bagus dan diberi identitas di kotak kayunya. Akhirnya saya bagusin dan saya cat, ada identitasnya juga,” jelasnya.


 “Kenapa namanya pak ndan. Ya karena warga itu setiap kali ketemu saya sejak tahun 2015 itu pasti manggilnya pak ndan. Akhirnya keterusan sampai sekarang,” ungkapnya.


Warga yang ditemuinya di pinggir sawah, atau saat bersantai, kemudian diajak ngopi bersama sehingga akan merasa lebih dekat dan merasa tidak berjarak dengan polisi. Dari situlah masyarakat kemudian bisa membagikan masalah – masalah maupun kendala yang dialaminya selama ini.


“Respon masyarakat ya bagus, baik dan bisa lebih akrab dan gayeng seperti ini. Masalah dan kendala mereka bisa disampaikan di acara seperti ini. Santai tapi bisa masuk ke masyarakat,” terangnya.

 

Frian juga kerap kali membantu penyandang disabilitas agar bisa mendapatkan penghidupan yang layak dan tidak minder. Bahkan dirinya acap kali memberikan motivasi, serta merangkul mereka dengan beragam kegiatan positif di lingkungan masyarakat.


Hal ini diakui oleh salah satu penyandang disabilitas, Pak Pri. Menurutnya, selain mengajak warga untuk ngopi bareng di lokasi, bhabinkamtibmas yang satu ini juga kerap mengumpulkan penyandang disabilitas lain untuk diajak olahraga bersama. Sehingga tercipta kerukunan dan hubungan baik sesama warga di Desa Rejosari.


Atas inovasinya  dalam memprakarsai, menginspirasi dan berperan aktif sebagai Bhabin cangkrukan memberikan kopi kepada warganya pada saat cangkrukan  sehingga warga dengan senang hati memberikan informasi.


Bapak kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Toni Harmanto, MH pada tanggal 5 Juni 2023 memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas inovasi dan kinerjanya. (Ans71 Restu)

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done