Wakpolres Tulungaung Hadiri Pembukaan Musrenbang Kabupaten - Liputan Tulungagung
News Update
Loading...

Senin, 13 Maret 2023

Wakpolres Tulungaung Hadiri Pembukaan Musrenbang Kabupaten

 


TULUNGAGUNG - Wakapolres Tulungagung Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo, SH, SIK, MIK., menghadiri pembukaan forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kupaten Tulungagung yang dibuka oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M.


Musrenbang Kabupaten RKPD Kabupaten Tulungagung Tahun 2024 berlangsung di Ballroom Hotel Crown Victoria setempat, Senin (13/03/2023) yang juga dihadiri oleh Forkopimda Tulungagung dan peserta Musrenbang.


Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ini merupakan momentum yang sangat strategis untuk mengkoordinasikan rencana pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis, aktual yang akan menjadi dasar penentuan sasaran dan prioritas pembangunan daerah.


Kabupaten Tulungagung dalam pelaksanaan program dan kegiatan tetap konsisten untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah telah menetapkan lima prioritas menuju Indonesia maju yakni Peningkatan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Investasi, Penyederhanaan Birokrasi dan Transformasi Ekonomi.


“Bapak Presiden, telah memberikan arahan kepada Pemerintah Daerah agar berupaya untuk melakukan pengendalian inflasi, penurunan kemiskinan ekstrem sampai target 0 persen pada 2024, penurunan stunting, membuka peluang investasi, memastikan APBD dibelanjakan untuk produk-produk dalam negeri,” ujarnya.


“Selain itu, mendesain Kabupaten Tulungagung dengan baik untuk memaksimalkan potensi daerah, menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilu 2024 serta menjamin kebebasan beragama,” tambahnya.


Pemerintah Kabupaten Tulungagung telah mengintegrasikan dalam 7 prioritas utama pembangunan daerah, yakni pembangunan SDM, penguatan ekonomi kerakyatan, pembangunan infrastruktur yang berkualitas, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana, peningkatan pembangunan sosial masyarakat, peningkatan kualitas pemerintahan dan pelayanan publik, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.


“Merujuk pada prioritas Indonesia Maju dan prioritas pembangunan daerah, maka untuk tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Tulungagung memberikan ruang prioritas pada upaya pemulihan ekonomi dan upaya menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban,” ujarnya.


Dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi pada tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Tulungagung akanmemprioritaskan pada upaya pengembangan destinasi wisata, peningkatan sarana dan prasarana perdagangan, pengembangan koperasi dan UMKM, optimalisasi penerimaan PAD, peningkatan produksi tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura, peningkatan produksi peternakan, optimalisasi pengelolaan perikanan budidaya dan pengembangan industri kecil dan menengah.


Satu hal yang perlu saya sampaikan dan patut kita banggakan juga bahwa atas kerja keras baik legislatif, eksekutif dan dukungan seluruh elemen masyarakat, Tulungagung telah berhasil menerima berbagai penghargaan atas berbagai prestasi di tingkat nasiona.


“9 penghargaan yang diterima Pemkab Tulungagung salah satu diantaranya yakni Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2022 dengan kategori Nindya. Selain itu, Penyaluran Dana Desa Tercepat Ke II se-Provinsi Jawa Timur tahun 2023,” tandasnya. (ans71-restu)

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done