Jelang Ramadhan, Forkopimda Tulungagung Cek Stok dan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Ngemplak dan Kauman - Liputan Tulungagung
News Update
Loading...

Senin, 20 Maret 2023

Jelang Ramadhan, Forkopimda Tulungagung Cek Stok dan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Ngemplak dan Kauman

 




TULUNGAGUNG - Menjelang bulan Ramadhan ke depan, Forkopimda Kabupaten Tulungagung meninjau ketersediaan bahan kebutuhan pokok di sejumlah Pedagang di Pasar Ngemplak dan Pasar Kauman, Senin (20/03/2023). 


Bupati Tulungagung Drs H Maryoto Birowo, MM, memimpin peninjauan dan menyasar sejumlah pedagang pasar mengatakan kegiatan hari ini untuk memantau stok dan harga kebutuhan bahan pokok pangan.


"Hari ini melaksanakan peninjauian pasar, damana kita harus peka bagaimana menekan masalah inflasi, yang dimana oleh pemerinta dimana seluruh daerah untuk berkolaborasi, berintegritas antar institusi untuk menangani masalh inflasi", ujar Bupati Saat melalukian peninjauan di pasar.


“Inflasi yang dilihat adalah kondisi Pasar, dimana harga sembako yang dominan mengalami kenaikan seperti, cabe, bawang merah, bawang putih, beras yang utama dan minyak goreng ini yang harus diwaspadai dilapangan”, sambungnya.


Didampingi Wakapolres Tulungagung Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo, SH, SIK, MIK, Forkopimda dan Tim Pengendali Inflasi, melaksanakan pemantau kebutuhan stok dan harga sembako di pasar untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang bulan suci ramadhan. Dari hasil pemantauan hari ini dipasar ini tidak ada kenaikan secara siknifikan, meskipun memasuki bulan Ramadhan.


“Biasanya kebutuhan masyarakat meningkat memasukin bulan Ramadhan, karena persiapan untuk megengan dan selamatan, ini biasanya terjadi suatu lonjakan harga mangkanya kita turun untuk memantau”, terangnya.


Dengan pemantauan ini dan sanya minta tim pangan untuk melakukan analisa, mencari penyebabya atas terjadinya kenaikan.


“Seperti harga minyak goreng sudah melebihi HET, karena cara memperolehnya harga barang sudah naik. Begitu harga beras tidak ada kenaikan yang siknifikan peningkatan rata rata sekitar 6%, cabe merah juga mengalami kenaikan, telur mengalami kenaikan tapi masih sedikit”, ujar Bupati.


Memasuki bulan Ramadhan kali ini ada peningkatan namun tidak seberapa pada batas ambang kewajaran.


“Kita akan melakukan pembinaan kepada peternak ayam, ikan, petani agro, untuk kebutuhan konsumsi guna menjaga stabilatas harga”, jelasnya.


Mendekati Hari raya Idul fitri Pemetintah Kabupaten, Kata Bupati mengatakan akan melakukan pasar murah untuk masyarakat Kabupaten Tulungagung. (ans71-restu)

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done