Kapolres Tulungagung bersama forkopimda, menghadiri acara Gelar Bazar Pangan Murah Produk Unggulan Tahun 2022. - Liputan Tulungagung
News Update
Loading...

Selasa, 01 November 2022

Kapolres Tulungagung bersama forkopimda, menghadiri acara Gelar Bazar Pangan Murah Produk Unggulan Tahun 2022.

 



TULUNGAGUNG- Kapolres Tulungagung Akbp Eko Hartanto Sik Mh bersama Forkopimda kabupaten Tulungagung menghadiri acara pembukaan gelar bazar pangan murah produk unggulan tahun 2022.


Kegiatan bazar produk unggulan pangan murah kabupaten Tulungagung tahun 2022 digelar  di halaman kantor dinas ketahanan pangan kabupaten Tulungagung jalan raya Wonorejo Kecamatan Sumbergempol. Selasa (01/11/2022). 


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Agus Siswantoro mengatakan bazar pangan murah adalah upaya Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang hadir di tengah masyarakat dalam upayanya mengatasi gejolak harga pangan dan mewujudkan ketahanan pangan.


 Untuk itu dengan adanya bazar pangan murah diharapkan dapat menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis. "Termasuk mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat yang terkendala akibat kondisi inflasi," ucap Agus 


Dalam sambutannya.  Mengatakan gelaran  bazar pangan murah ini sekaligus dalam rangka untuk memeriahkan Hari Jadi ke -  817 Kabupaten Tulungagung tahun 2022 yang mana dalam bazar tersebut diikuti oleh sebanyak 30 peserta yang terdiri dari produsen pangan, petani Poktan, Gapoktan yang tergabung dalam lembaga usaha pangan masyarakat yang bergerak di bidang pangan, BUMN pangan dari perum Bulog Sub Drive Tulungagung, Kecamatan dan Balai Penyuluhan Pertanian se - Kabupaten Tulungagung, dan Dinas serta instansi terkait. Termasuk IKM, UMKM yang bergerak di bidang pangan serta pengusaha alat mesin pertanian dan lembaga pendidikan bidang pertanian pangan. "Bazar di mulai hari ini tanggal 01 hingga 05 November 2022, dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB," sambungnya.    



 Adapun produk - produk yang dipasarkan meliputi kebutuhan pangan sehari - hari seperti, beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam, daging sapi, daging ayam, aneka sayuran.     "Yang mana produk - produk pangan tersebut diproduksi langsung dari petani serta berbagai produk olahan pangan dan produk unggulan lainnya yang berbasis pada sumberdaya lokal. 


Dan pada momen ini kita mengambil tema  "Bersama Wujudkan Pangan Kuat, Indonesia Berdaulat," jelasnya.        Sementara itu.


 Bupati Tulungagung Maryoto Birowo seusai membuka dan meninjau stand bazar pangan murah mengatakan, meskipun telah terjadinya bencana alam dibeberapa wilayah,  kabupaten Tulungagung masih bisa mempertahankan masalah pangan.


 Yang mana itu merupakan suatu instruksi pemerintah bahwa Kabupaten Tulungagung masih bisa mempertahankan pangan.          


 "Dan itu bisa kita buktikan, selain kita sebagai penyangga pangan di tingkat provinsi Jawa Timur, kita juga tunjukkan pada masyarakat walaupun kita ada bencana alam di wilayah kita, dan ternyata kita masih punya banyak potensi yang dikembangkan terkait keberadaan pangan di Kabupaten Tulungagung," ucapnya.      


 Ditegaskannya, ketahanan pangan di Kabupaten Tulungagung masih dalam kategori yang aman.     "Artinya aman, masih tersedianya stok pangan, baik yang persediaan di Bulog masih belum kita upayakan, yang bersifat sporadis kita cukupi dengan bantuan sosial dan lain sebagainya," tandasnya.        


Turut hadir dalam acara pembukaan Bazar Pangan Murah tersebut antara lain, Wabup Tulungagung H.Gatut Sunu Wibowo SE,  Sekdakab Tulungagung Sukaji,  Kapolres Tulungagung Akbp Eko Hartanto Sik Mh, Dandim 0807 Tulungagung kolonel Czi Noris Agus rinanto, Kajari Tulungagung, dan unsur Forpimda Tulungagung serta Forpimcam Sumbergempol.(Ans71 Restu)

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done