Gunakan Pakaian Adat Jawa, Kapolres Tulungagung Hadiri Upacara Adat Bersih Nagari pada hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-817 - Liputan Tulungagung
News Update
Loading...

Jumat, 18 November 2022

Gunakan Pakaian Adat Jawa, Kapolres Tulungagung Hadiri Upacara Adat Bersih Nagari pada hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-817

 




TULUNAGUNG – Peringati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke- 817, Pemerintah Kabupaten menggelar tradisi Bersih Nagari bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Jumat, (18/11/2022).


Hadir dalam acara Bersih Nagari yakni Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M., Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto S.I.K., M.H., Serta Forkopimda yang lai, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung dan Undangan lain.


Sebelum prosesi upacara adat Bersih Nagari dilaksanakan upacara dalam peringatan HUT Kabupaten Tulungagung yang dilaksanakan di Halaman Pemkab Tulungagung.


Usai kegiatan upacara dilanjutkan upacara adat bersih nagari. Prosesi bersih nagari tetap diwarnai dengan arak-arakan pataka lambang Kabupaten Tulungagung yang diiringi oleh layaknya para prajurit punggawa dan putri serta dayang kerajaan dan 2 tumpeng agung yaitu tumpeng lanang berupa gunungan nasi kuning lengkap lauk pauk serta tumpeng wadon berupa hasil bumi berbagai jenis sayur sayuran dan buah buahan.


Dan di barisan terdepan terlihat rombongan Bupati Tulungagung, Wabup, Forkopimda, kepala OPD beserta para istri pun turut berjalan diiringi tari reog kendang kesenian asli khas Tulungagung menuju ke Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

 

Saat mengikuti tradisi tersebut Kapolres Tulungagung yang Sarimbit dengan Ny. Lily Eko Hartanto bersama undangan lainnya menggunakan pakaian kejawen.



Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menjelaskan, upacara adat Bersih Nagari ini merupakan bentuk rasa syukur akan limpahan berkah yang selama ini masyarakat dapatkan. Melalui upacara adat ini pihak Pemkab berharap Tulungagung akan semakin lebih baik di tahun mendatang. Kondisi ekonomi masyarakat diharapkan dapat kembali pulih setelah dalam dua tahun terkahir terdampak pandemi Covid-19. 


"Yang pasti ekonomi masyarakat harus dapat bangkit dan pulih pascapandemi ini," ujarnya.


Bupati Tulungagung mengungkapkan, Hari jadi ke 817 ini mengusung tema, Dengan Peringatan Hari Jadi Kita Wujudkan Kabupaten Tulungagung Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.


“Dengan begitu, mari kita bulatkan tekat untuk bersatu saling bahu membahu goyong royong membangun Tulungagung mewujudkan Kabupaten Tulungagung yang ayem tentrem mulyo lan tinoto,” sambungnya.


Sementara itu, Kapolres Tulungagung mengucapkan selamat Hari jadi Kabupaten Tulungagung.


“Saya Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto beserta staf dan Bhayangkari mengucapkan selamat hari jadi kabupaten tulungagung ke 817”, ucap Kapolres Tulungagung. (ANS71-restu)

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done