Polres Tulungagung Gelar Apel Persiapan Pengamanan Malam Takbir dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H - Liputan Tulungagung
News Update
Loading...

Minggu, 01 Mei 2022

Polres Tulungagung Gelar Apel Persiapan Pengamanan Malam Takbir dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H



TULUNGAGUNG – Dalam rangka menjaga harkamtibmas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Polres Tulungagung melaksanaan apel kesiapan pengamanan malam takbir dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Bertempat dihalaman Polres Tulungagung, apel dipimpin langsung oleh Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH, Minggu (01/05/2022) sore.

Peserta Apel pengamanan malam takbir terdiri dari 1 peleton Kodim 0807,  personil gabungan Polri, 1 Peleton dari Dishub dan 1 Peleton dari Satpol PP Kab Tulungagung.

Turut hadir dalam Apel Pengamanan Takbir yakni, Waka Polres Tulungagung Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo, SH, SIK, MIK serta para Pejabat Utama dan Para Perwira Polres. 

Seluruh personil tersebut akan dikerahkan untuk mengantisipasi takbir keliling dan hari Raya Idul Fitri di Kabupaten Tulungagung.

Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto dalam arahannya mengatakan Persiapkan kegiatan hari ini untuk mempersiapkan pengamanan malam takbir dan besok Sholat idul fitri.

“Sesui surat edaran Meteri Agama dan edaran dari Bapak Bupati adanya larangan kegiatan takbir keliling. Apabila diketemukan masyarakat yang masih melakukan takbir keliling, kita himbau melakukan takbiran di Masjid/ mushola dan dirumah masing masing” ujar Kapolres.

“Lakukan himbauan secara persuasive dan humanis tidak ada kata kata kasar, apabila sudah dihimbau masih ngotot juga lakukan penegakan hukum secara provesional”, sambungnya.

Mudah - mudahan dengan kegiatan pengamanan yang dilaksanakan bersama, masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan tertib.

“Personil yang terploting malam takbir dan besok solat idul fitri, agar melaksanakan tugas dengan iklas, tuntas dan cerdas”, ujarnya

Lebih lanjut Kapolres Mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung tempat wisata di hari ke kedua dan tiga usai masyarakat merayakan idul fitri, Polres Tulungagung telah mengantisipasi dengan menempatkan personil gabungan. 

“Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di tempat wisata usai perayaan idul fitri, akan ditempatkan personil gabungan”, ucapnya.

Diakhir arahan Kapolres mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1443 Hijriah.

“Saya, berserta  Staf dan Jajaran mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin”, pungkas AKBP Handono.

Sementara itu untuk mengantisipasi kepadatan dalam kota, Polres Tulungagung melaksanakan sistem pengalihan arus atau One Way dalam kota Tulungagung terutama di jalan Pangeran Diponegoro.

Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Muhammad Bayu Agustyan menerangkan, mulai malam ini arus kendaraan di jalan P.Diponegoro yang semula dari arah selatan menuju ke utara, mulai malam ini dilarang masuk. Karena Kendaraan hanya bisa berjalan dari arah utara ke selatan saja.

Selanjutnya untuk kendaraan yang mengarah keluar dari Simpang Tiga Golden juga tidak ada yang boleh mengarah ke barat, namun dialihkan ke arah Timur melalui Simpang Tiga Q-Mark dan selanjutnya mengarah ke utara.

“Harapannya dengan pengalihan arus Lalu Lintas (Lalin) ini dapat mengurangi arus kepadatan kendaraan yang ada di dalam kota, karena antusias masyarakat jelang lebaran sangat tinggi,” terang AKP Bayu, (ANS71 – Restu)

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done